!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

semua tentang burung hantu

Share on :
Owl, dalam bahasa Indonesia namanya burung hantu.
Burung hantu tegolong dalam kelompok burung buas pemangsa daging. Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, umumnya burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih, dengan panjang sayap mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya jika dibentangkan.


Kebanyakan jenis burung hantu berburu di malam hari, meski sebagiannya berburu ketika hari remang-remang di waktu subuh dan juga sore hari dan ada pula beberapa jenis yang berburu pada siang hari.

Matanya yang menghadap ke depan memungkinkan burung hantu ini dapat mengukur jarak dengan tepat. Paruh yang kuat dan tajam mampu untuk mengoyak tubuh buruan dengan sangat sempurna. Kaki yang cekatan dan memiliki mencengkeram yang sangat kuat memungkinkan tidak ada yang bisa lepas apabila sudah tertangkap. Serta kemampuan terbang tanpa berisik, merupakan keunggulan utama untuk kondisi berburu dalam gelapnya malam.

Beberapa jenis tertentu, burung hantu dapat memperkirakan jarak dan posisi mangsa dalam keadaan kegelapan total, hanya berdasarkan indera pendengaran yang dibantu oleh bulu-bulu wajahnya untuk mengarahkan kesuara.

Burung hantu membuat sarang di lubang-lubang pohon atau di antara pelepah daun sebangsa palem. Beberapa jenis juga kerap memanfaatkan ruang-ruang pada bangunan, seperti di bawah atap atau lubang-lubang yang kosong. Telur burung hantu kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak tergantung dari jenisnya.
Hewan unik ini sering dianggap pembawa sial bagi sebagian masyarakat. Karena sifatnya yang misterius, suka keluar malam. Sayangnya saat ini burung ini terancam habitatnya karena banyaknya penebangan liar pohon-pohon. Teguh sendiri turut prihatin atas masalah ini. Semoga ke depannya anak cucu kita masih bisa tahu burung yang satu ini. Oke, sekarang kita lihat apa saja Fakta Unik yang dimiliki burung hantu yang telah dirangkum Teguh khusus untuk Anda


Fakta Unik Tentang Burung Hantu 
1. Burung hantu memiliki 150 spesies berbeda yang hidup tersebar di semua benua di dunia, tentunya kecuali benua Antartika.

2Burung hantu adalah karnivora atau hewan pemakan daging. Santapan utama mereka adalah hewan-hewan pengerat kecil seperti tikus. Burung Hantu yang hidup di peternakan bahkan mampu memakan 1000 tikus pertahun. Makanan lain dari burung hantu adalah seranggareptil-reptil kecil, dan ikan.
Burung hantu yang sedang menyantap tikus
3. Burung hantu memiliki telinga yang unik dengan ukuran dan tinggi yang berbeda dengan kepalanya. Bentuk yang unik ini memberikan pendengaran super kepada burung ini. Bahkan bisa dikatakan Burung hantu adalah burung paling baik daya pendengarannya. Hal ini sangat membantu burung hantu dalam menentukan pergerakan mangsanya, daripada mengandalkan kemampuan matanya yang cukup buruk.

4. Burung Hantu memiliki lembaran-lembaran bulu di sekitar telinganya. Lembaran-lembaran ini bukanlah untuk mebantu pendengaran, melainkan untuk meperlihatkan kondisi burung tersebut, berkamuflase, atau untuk menakut-nakuti burung lainnya.

5. Mata burung hantu terlingkupi oleh tulang mata sehingga tidak bisa digerakkan untuk melirik kanan atau kiri. Tetapi walaupun da tdk bisa melihat kekanan dan kekiri, Kepala burung hantu sangatlah hebat. kepala burung hantu dapat berputar hingga 270 derajat. 
6Burung hantu memiliki 3 kelopak mata. Satu untuk berkedip, satu untuk tidur dan satu untuk menjaga mata agar tetap bersih dan sehat.

7. Kaki burung hantu merupakan kaki zygodactyl dengan dua jari belakang dan dua jari belakang. Bentuk kaki seperti ini semakin menguatkannya sebagai seorang Predator.
Bentuk kaki Burung Hantu di info-faktaunik.blogspot.com
Kaki burung hantu  ternyata sadis gan!!!

8. Ternyata tidak semua burung hantu adalah nocturnal atau selalu keluar pada malam hari. Beberapa diantaranya banyak yang keluar pada siang hari tergantung pada kondisi habitat, musim, serta makanan.

9. Burung hantu sudah ada sejak lama, terbukti dengan digunakannya burung hantu dalam simbol-simbol kuno seperti pada Mesir dan bangsa Maya. Fosil tertua burung hantu yang ditemukan diperkirakan telah berumur 58 juta tahun. Yang terbesar adalah Orinmegalonyx oteroi, dengan tinggi sekitar 3 kaki.

Sumber : http://info-faktaunik.blogspot.com/2011/06/fakta-unik-tentang-burung-hantu.html 
              http://putroeintan.blogspot.com/2011/07/burung-hantu.html

1 komentar: