!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

Sejarah dan Perkembangan Internet

Share on :
"INTERNET", Hmmm..... Sepertinya kita yang hidup di zaman era globalisasi ini sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Bagaimana mau kedengaran asing kalau sudah hampir 88% orang di dunia ini sudah setiap bulan, setiap minggu, bahkan ada yang setiap harinya selalu berjumpa dengan yang namanya internet ini.

Internet kini sudah hampir menjadi kebutuhan primer dikalangan orang-orang. Mengapa demikian? sebab, dengan banyaknya jejaring sosial yang beredar luas dan umum seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain sangat memudahkan komunikasi jarak jauh dengan teman, kerabat, maupun rekan bisnis dari jarak yang jauh. Belum lagi dengan banyaknya game online yang beredar luas dengan tampilan grafik yang keren, seakan lebih memudahkan dan memanjakan para anak-anak dan gamers untuk maingame sepuasnya (selagi masih ada koneksi hehehe).

Tapi, apakah kita cuman ingin mengunakannya tanpa tahu sejarahnya dan mengapa internet sekarang ini sudah sangat mudah dijumpai ? Nah... maka dari itu kali ini saya akan membagikan wawasan saya. Berikut selengkapnya dari saya:



Secara mendasar, internet memiliki 2 macam pengertian, yaitu :
  • Teknologi yang terbentuk berbasis TCP/IP berserta standar-standar yang umum digunakan.
  • Jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer di dunia melalui jaringan komputer lokal sehingga memungkinkan pertukaran informasi antar pemakainya.
Internet dapat terbentuk bila beberapa komputer pada satu atau lain lokasi geografis dihubungkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer.


SEJARAH INTERNET
Jaringan komputer mulai berkembang sejak tahun 1969 dengan dilakukannya riset oleh DARPA (Defense Advance Research Project Agency), sebuah badan di bawah Departemen Pertahanan Amerika (ARPA) untuk mengembangkan jaringan komunikasi antar komputer dan pada tahun 1972 hasilnya telah didemonstrasikan berupa hubungan 40 buah komputer.

Sekitar awal tahun 1980, ARPA terpecah menjadi dua yaitu ARPANET dan MILNET. Pada tahun 1986 terbentuk National Science Foundation Network (NSFNET) yang mengawali terbentuknya jaringan internet seperti sekarang ini.

Titik terpenting dalam perkembangan internet ini terjadi pada tahun 1991 ketika NSF menghentikan pendanaan internet (NSFNET) dan mengijinkan lalu lintas komersial pada jaringan backbone miliknya. Sejak saat itulah teknologi internet terus berkembang hingga sekarang.

PERKEMBANGAN INTERNET
Perkembangan Internet saat ini sudah semakin pesat. hampir setiap tahunnya selalu ada pembaharuan sistem internet dari berbagai pelosok dunia. semakin banyaknya ISP dan semakin cepatnya jaringan internet juga merupakan salah satu contoh dari perkembangan intenet saat ini.

Berikut hal – hal yang menyebabkan internet dapat berkembang dengan pesat :

  • Teknologi internet relatif cukup murah (terutama di luar negeri).
  • Fleksibel, dalam arti para pengguna dapat memodifikasi protokol dan aplikasi yang ada untuk memenuhi kebutuhannya (misal : SMS, WAP, VOIP, dsb).
  • Penggunaan protokol TCP/IP memungkinkan adanya sistem komunikasi yang independen terhadap perangkat keras ataupun perangkat keras jaringan tertentu.
  • Sebuah fasilitas lain dari protokol TCP/IP, yaitu pengalamatan perangkat keras jaringan memungkinkan pengidentifikasian secara unik device yang ada.
  • Respon waktu pertukaran data yang terjadi sanagt dapat ditolerir (cepat).

Pada dasarnya, tujuan pembentukan jaringan komputer adalah supaya dua komputer atau lebih bisa berhubungan dan bila sudah bisa berkomunikasi dapat digunakan sesuai keinginan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar