!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Share on :
Kita sudah mengetahui bahwa komputer tidak dapat dugunakan tanpa sistem operasi. 
Jadi saya kali ini akan menjelaskan sedikit tentang sistem operasi.

Jenis system Operasi dapat di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

1.       Sistem Operasi Berbasis Teks
Sistem Operasi Berbasis Teks adalah Siatem Operasi yang samata-mata menggunakan tekssebagai alat operasinya. Sistem Operasi ini berjalan tanpa menggunakan bingkai jendela sebagai mana yang laz/im kita temukan pada system operasi dewasa ini.


Pada awal perkambanagan personal computer (PC) system operasi berbasis teks inilah yang banyak di gunakan. Sistem ini berjalan den gan menggunakan promt standar yakni huruf yang menunjukkan drive aktif. Sistem Opersi ini tidak dapat berjalan sebelum memekai (user) memasukkan system opersi DOS (Disk Operating System). Promt dapat diartikan sebagai segala pesan yang diberikan system operasi kepada operator.

Sistem Operasi berbasis teks mulai berkembang pada computer generasi kudua yang menyertakan Sistem Opersi (SO) dengan menggunakan disk pada persona computer. Prosedur pengoperasian SO berbasis teks ini dilakukan dengan cara berikut:


Ketika computer dinyalakan,computer mengeluarkan promt standart untuk mamasukan DOS ke dalam drive  Setelah DOS dimasukkan,computer melakukan booting. Setelah booting dilakukan kita dapat memasukkan salah satu program aplikasi yang kita butuhkan dengan menggantikan DOS dengan Disk lain. Misalnya kita akan melakukan pengetikan dan menggunakan aplikasi Word Star.Pengetikan dilakukan langsung ke dalam disk koson yang disisipkan dan secara bertahap melakukan saving dengan menekan tombol Ctrl+S.


Melihat cara kerja SO teks diatas bahwa salah satu fungsi SO adalah memantau program,mengendalikan fungsi input/out put setiap program dan mengandalikan program dari saatu program ke program lainnya.

Menggunaka Perintah Dasar Be rbasis Teks Pda saat ini PC yang menggunakan SO berbasis teks secara husus sudah tidak dapat ditemukan bagi pasaran. Akan tetapi pada SO Windows 95,97 dan 98 masih dapat kita temukan aplikasinya dengan menggunakan Ms-DOS prompt yang shourtcutnya tesimpan pada menu accesssoris. Ms DOS ini dapat dibuat dalam beberapa vversi diantaranya Ms-DOS V.205, Ms-DOS V.3.0, Ms-DOS V.3.2, Ms-DOS V.3.3, Ms-DOS V.4.0, Ms-DOS V.5.0, Ms-DOS V,6.2. Pada windows 2000,tampila Ms DOS promt ini berubah mejadi Command Promt.


Command Promt adalah perintah SO yang dpat dijalankan /bekerja pada lingkunag DOS,sebagai contoh SO windows 3.1 tudak dapat dijalankan sebelum didukung oleh SO Ms-DOS.


2.      Sistem Operasi berbasis GUI
Sistem operasi berbasi GUI atau singkatan dari Graphical User Interface adalah system operasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer serta memudahkan dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi karena kita sudah tak harus mengetik lagi untuk menjalankan suatu aplikasi. Di zaman modern ini, banyak perusahaan yang mengeluarkan dan terus mengembangkan system operasi yang di buatnya. Baik itu dalam bentuk free (gratis) maupaun Non-Free, antara lain; WINDOWS, Mac OS, dan LINUX. Berikut adalah penjelasan mengenai mengenai ketiga Sistem operasi di atas.


 1. WINDOWS

Microsoft Windows adalah serangkaian perangkat lunak sistem operasi dan antarmuka pengguna grafis yang diproduksi oleh Microsoft. Microsoft pertama memperkenalkan lingkungan operasi bernama Windows pada bulan November 1985 sebagai add-on untuk MS-DOS di respon dengan kepentingan tumbuh di antarmuka pengguna grafis (GUI). Microsoft Windows datang untuk mendominasi dunia komputer pribadi pasar, menyalip Mac OS , yang telah diperkenalkan sebelumnya. Pada Oktober 2009, Windows telah sekitar 91% dari pangsa pasar dari klien untuk penggunaan sistem operasi di Internet. yang paling terbaru versi klien Windows adalah Windows 7 ; yang paling baru server versi adalah Windows Server 2008 R2 , yang paling baru ponsel versi Windows Mobile 6.5 .

Versi pertama dari Microsoft Windows, versi 1.0 , dirilis pada bulan November 1985, tidak memiliki tingkat fungsionalitas dan mencapai popularitas kecil, dan untuk bersaing dengan sistem operasi sendiri’s Apple. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, melainkan, ia meluas MS-DOS.

Microsoft Windows versi 2.0 dirilis pada bulan November 1987 dan sedikit lebih populer dibanding pendahulunya. Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa di install program, satu-satunya program yang bisa di tambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows 2,03 (tanggal rilis Januari 1988) telah mengubah OS dari jendela ubin ke jendela yang tumpang tindih. Hasil dari perubahan ini menyebabkan Apple Computer mengajukan gugatan terhadap Microsoft menyatakan pelanggaran atas hak cipta Apple’s.

Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual.

Pada bulan Juli 1993, Microsoft merilis Windows NT didasarkan pada kernel baru. NT dianggap OS profesional dan versi Windows pertama yang menggunakan preemptive multitasking. Windows NT nantinya akan retooled untuk juga berfungsi sebagai sistem operasi rumah, dengan Windows XP.

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95 , yang baru, dan besar, konsumen versi yang membuat perubahan selanjutnya ke antarmuka pengguna, dan juga digunakan preemptive multitasking . Windows 95 tidak dirancang untuk menggantikan Windows Windows 3.1, tetapi juga untuk Workgroups, dan MS-DOS. Ini juga sistem operasi Windows pertama yang menggunakan kemampuan Plug and Play.

Berikutnya dalam garis konsumen adalah Microsoft Windows 98 dirilis pada tanggal 25 Juni 1998.

Sebagai bagian dari “yang” baris profesional, Microsoft merilis Windows 2000 pada Februari 2000. Versi konsumen berikut adalah Windows 98 Windows Me (Windows Millennium Edition). Dirilis pada bulan September 2000, Windows Me menerapkan beberapa teknologi baru untuk Microsoft: dipublikasikan terutama adalah ” Universal Plug and Play “.

Pada Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP , versi dibangun di atas Windows NT kernel yang juga mempertahankan kegunaan berorientasi pengguna Windows 95 dan penerusnya. Versi baru ini banyak dipuji di majalah komputer.

Pada bulan April 2003, Windows Server 2003 diperkenalkan menggantikan Windows 2000 lini produk server dengan sejumlah fitur baru dan fokus yang kuat pada keamanan; ini diikuti di bulan Desember 2005 oleh Windows Server 2003 R2.

Pada 30 Jan 2007 Microsoft merilis Windows Vista . Ini berisi sejumlah fitur baru , dari shell didesain ulang dan antarmuka pengguna untuk signifikan perubahan teknis , dengan fokus khusus pada fitur keamanan . Ini tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda , dan telah dikenakan beberapa kritik .

Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru.



2. Mac OS

Mungkin ada dari para pengguna Mac, yang mengabaikan sejarah Mac Os. Karena mungkin lebih cenderung untuk mengoprasikanya saja. Menurut pandangan saya sejarah itu sangat penting, Berikut ini adalah sejarah singkat tentang Mac Os. Mac Os di temukan pada tahun 1984 oleh peneliti Xarox. Tapi yang Mempopulerkan Mac Os adalah Perusahaan Asal Amerika yaitu Apple. Dan belakangan di ikuti oleh Microsoft. Apple memang lebih kerena hardware dan sistem operasi yang berasal dari produsen yang sama. Dalam versi awal-awalnya, MacOS telah memiliki fungsi yang setara dengan windows ‘95, baru pihak Microsoft mengikutinya dengan dikeluarkan windows ‘95 yang menyerupai MacOS namun tidak sama. Tetapi dalam tahun-tahun terakhir ini sistem operasi Apple secara teknis agak tertinggal. Walaupun selama 15 tahun MacOS juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, tapi beberapa hal pada MacOS tampak agak kuno dibandingkan dengan pesaing pada platform lainnya. Versi terakhir yaitu MacOS 8.5.1.

MacOS 8.5 juga dilengkapi dengan program “sherlock”. Detektif ini tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword. Macintosh, atau singkatan dari Mac adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang di produksi oleh Apple. Komputer ini di namakan berdasarkan Macintosh, jenis apple yang di sukai oleh Jef Raskin. Macintoash di perkenalkan pertama kali pada bulan januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer yang petama kali memperkenalkan sistem antar muka grafis.

jenis – jenis Macintosh:
1984 : Macintosh 128K, Macintosh 512K
1986 : Macintosh Plus
1987 : Macintosh ll, Macintosh SE
1988 : Macintosh llx
1989 : Macintosh SE/30 Macintosh llcx, Macintosh llci, Macintosh Portable
1990 : Macintosh llfx, Macintosh Classic, Macintosh llsii, Macintosh Lc
1991 : Macintosh Quarda, PowerBook
1992 : Macintosh llfx, PowerBook Duo
1994 : Power Macintosh
1997 : Power Macintosh G3, PowerBook G3, Macintosh Performa, Macintosh TV
1998 : iMac
1999 : iBook
2000 : Power Mac G4 Cube
2001 : PowerBook G4
2002 : eMac
2003 : Xserve
2004 : iMac G5
2005 : Mac mini
006 : Mac Book, MacBook Pro



 3. Linux

Seiring berkembangnya dan maraknya penggunaan sistem operasi Linux oleh berbagai kalangan, dengan berbagai alasan didalamnya. Berikut ini saya sajiikan sejarah singkat Linux dan juga sejarah singkat UNIX sebagai awal munculnya Linux.  Ken Thompson dari Bell Laboratories membuat versi awal dari UNIX dengan nama UNICS (UNIplexed Information and Computing Services), suatu nama yang dipengaruhi oleh sistem operasi pendahulunya MULTITICS (MULtiplexed Informationand Computing Services). MULTICS sendiri juga diciptakan oleh Ken Thompson dan rekan-rekanya. Versi pertama UNIX diselesaikan pada tahun 1969, ditulis dengan bahasa rakitan (assembly) pada komputer PDP-7 (sebuah komputer keluaran Digital Equipment Corporation). Pada tahun 1973, Ken Thompson dan Dennis Rithie menulis ulang Kernel (bagian inti dari sistem UNIX) dengan bahasa C. Perkembangan inilah yang membuat UNIX kini dapat diterapkan pada segala macam mesin, mengingat C adalah bahasa yang bersifat portabel (mudah dipindahkan). Pemakaian UNIX pada mesin lain dimulai pada tahun 1976 / 1977. Saat itu Dennis Rithie dan Stephen Johnson berhasil memindahkan sistem UNIX ke mesin Interdata 8/32. Hal ini yang menjadi tonggak sejarah yang menunjukkan keportabilitasan UNIX.

Lisensi UNIX yang bersifat komersial diberikan pertama kali oleh AT&T ke System Onyx, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Bob Marsh dan Kip Myers pada tahun 1978. Saat itu UNIX dianggap sebagai sistem operasi yang ampuh untuk menangani sistem dengan 16 bit.
Pada dekade 80-an, UNIX berkembang dengan pesat, termasuk pada PC. Salah satu sistem UNIX pada PC yang terkenal adalah XENIX (Santa Cruz Operation), yang merupakan mitra Microsoft. Pada dekade ini pula lahir System V (1984, dikembangkan di Computing Science Research Group, Bell Laboratories, New jersey) yang menjadi kiblat dari kebanyakan versi UNIX. Selain itu, pada tahun 1984 juga terdapat proyek yang disebut GNU (GNU’s Not Unix) yang dikembangkan oleh the Free Software Fondation (FSF). Tujuan dari proyek ini adalah membangun sistem semacam UNIX yang bersifat bebas-royalti bagi pemogram dan pengembang. Proyek inilah yang kemudian hasi mendasari Linux.

Mulai pertengahan 90-an, Linux (kloning dari sistem operasi UNIX yang diciptakan oleh Linus Torvalds dan dipublikasikan pertama kali sekitar November 1991) mulai naik daun di lingkungan PC dan menjadi pesaing Microsoft Windows. Memasuki tahun 2000, Linux terus berkibar. Dengan konsep “open source” (kode program bisa dilihat dan dikembangkan oleh siapa saja) dan gratis, banyak pemakai, terutama di lingkungan kampus, yang tertarik menggelutinya. Dukungan aplikasi yang kian meluas, dari aplikasi perkantoran, multimedia, hingga database yang sebagain besar bersifat gratis, membuat kalangan pemakai Linux tumbuh dengan cepat.

Kini muncul banyak distribusi (distro) Linux, antara lain : Fedora Core, Mandriva, Debian, OpenSuse dsb. Linux adalah semacam UNIX dan bukan UNIX. Alasannya adalah bahwa UNIX adalah merk dagang (bersifat komersial), sedangkan Linux tidak. Terlepas dari pendapat tersebut, perintah Linux SERUPA dengan perintah UNIX.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar