!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

Jenis dan Macam Tari Nusantara

Share on :
Indonesia Adalah Negara yang memiliki banyak budaya. dari keaneka ragaman makanan, minuman, alat musik, sampai dangan tarian-tariannya. Berikut adalah macam-macam tarian di Indonesia !!!







1.      Tari Saman
Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) dari provinsi aceh yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo.



  2.      Tari Seudati
  Tari Seudati adalah nama tarian yang berasal dari provinsi Aceh. Seudati berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi/bersaksi/pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah.




3.      Tari Tor-tor
Tari to-tor adalah tarian dari Sumatra Barat yang gerakannya se-irama dengan iringan musik (Margondang) yang dimainkan dengan alat-alat musik tradisional seperti gondang, suling, terompet batak, dan lain-lain.



   4.      Tari Piring
   Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisonal di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat.




5.      Tari Mancak
Tari Mancak adalah tari tradisi Kota Anau, Sumatera Barat. Kata Mancak adalah berawal dari tingkah laku anak-anak yang bermain, bergelut, atau bercanda pura-pura berkelahi dengan menggunakan gerakan pencak. 





   6.      Tari Lilin
  Tarian Lilin adalah tarian dari provinsi Sumatra barat. pada asasnya merupakan sebuah tarian yang dipersembahkan oleh sekumpulan penari dengan diiringi sekumpulan pemusik. Para penari ini akan membawa lilin yang dinyalakan pada piring yang dipegang pada setiap belah tangan mereka.


7.      Tari Perang
Tari perang adalah tarian khas Kalimantan timur. Tari perang menceritakan tentang seorang pahlawan Dayak Kenyah berperang melawan musuhnya. Gerakan tarian ini sangat lincah, gesit, penuh semangat dan kadang-kadang diikuti oleh pekikan si penari.



   8.      Tari Zapin
  Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.


9.      Tari Baksa Kembang
Tari Baksa Kembangtermasuk jenis tari klasik, yang hidup dan berkembang di keraton Banjar Kalimantan timur, yang ditarikan oleh putri-putri keraton. Lambat laun tarian ini menyebar ke rakyat Banjar dengan penarinya galuh-galuh Banjar. Tarian ini dipertunjukkan untuk menghibur keluarga keraton dan menyambut tamu agung seperti raja atau pangeran . Setelah tarian ini memasyarakat di Tanah Banjar, berfungsi untuk menyambut tamu pejabat-pejabat negara dalam perayaan hari-hari besar daerah atau nasional.


   10.  Tari Pakkarena
  Tari Pakarena adalah tarian tradisional dari Sulawesi Selatan yang diiringi oleh 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrument alat semacam suling (puik-puik).






11.  Tari Maengket
Tari Maengket adalah paduan dari sekaligus seni tari, musik dan nyanyi, serta seni sastra yang terukir dalam lirik lagu yang dilantunkan. Sejumlah pengamat kesenian bahkan melihat maengket sebagai satu bentuk khas sendratari berpadu opera.




   12.  Tari Balumpa
  Tari balumpa adalah tarian yang berasal dari kabupaten Wakatobi khususnya di daerah Binongko Sulawesi Tenggara. Tarian ini menggambarkan rasa gembira penari sebagai salah satu bentuk penyambutan atas kedatangan tamu dari luar.





13.  Tari Pendet
Tari Pendet adalah tarian dari Provinsi Bali. pada awalnya tari pendet merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang".

14.  Tari Topeng Cirebon
Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Indramayu dan Jatibarang. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari.

15.  Tari Topeng Bali
Tari topeng BALI adalah salah tarian dari provinsi Bali .Keberadaan topeng dalam masyarakat Bali berkaitan erat dengan upacara keagamaan Hindu, karena kesenian luluh dalam agama dan masyarakat. Tari Topeng Bali adalah sebuah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis, umumnya yang ditampilkan di tengah masyarakat adalah seni yang disakralkan.

16.  Tarian Gandrung
Tarian Gandrung Banyuwangi dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setiap habis panen. Kesenian ini masih satugenre dengan seperti Ketuk Tilu di Jawa Barat, Tayub di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger di wilayah Banyumas danJoged Bumbung di Bali, dengan melibatkan seorang wanita penari profesional yang menari bersama-sama tamu (terutama pria) dengan iringan musik (gamelan).

17.  Tari Kebyar Duduk
Tari Kebyar Duduk menggambarkan kemahiran seorang pemuda yang menari dengan lincahnya dengan posisi duduk mengikuti irama gamelan.

18.  Tari Selamat Datang
Tari Selamat Datang adalah tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

19.  Tari Barong dan Keris
Tari Barong dan Keris adalah salah satu kebudayaan yang terdapat di Pulau Bali. Latar belakang Tari Barong tersebut ialah untuk menunjukan bahwa di dunia ini terdapat dua hal unsur penting yaitu “Kebajikan” dan “Kebatilan”. 

20.  Tari Panyembrama
Larik kata Panyembrama bermakna penyambutan, dimana hal tersebut terangkum pada gerak tari ini yang melukiskan keramahan serta penghormatan. Serpih-serpih kembang yang ditaburkan ke hadapan para tamu adalah ungkapan selamat datang. Tari ini tercipta awal tahun tujuh puluhan oleh seniman I Nyoman Kaler.

21.  Tari Mergapati
Tari Margapati ini berasal dari kata "Marga". Di Bali, kata marga adalah sebutan dari kata "jalan" atau "margi" seperti "Marga Tiga" yaitu jalan simpang tiga dan "pati" merupakan kematian atau meninggal dunia sehingga tari ini mungkin berarti jalan menuju kematian

22.  Tari Panji Semirang
Tari Panji Semirang dalam Babad Bali, menggambarkan pengembaraan Galuh Candrakirana yang menyamar sebagai seorang lelaki untuk mencari kekasihnya Raden Panji Inu Kertapati.

23.  Tari Serimpih
Tari Serimpi adalah jenis tarian tradisional Daerah Jawa Tengah. Tarian ini diperagakan oleh empat orang penari yang semuanya  adalah wanita.  Jumlah ini sesuai dengan arti kata serimpi yang berarti  4.

24.  Tari Wayang Orang
Tarian Wayang Orang adalah cerita wayang, tetapi dimainkan oleh para pemeran yang harus menguasai gerak tari wayang, suara para pemeran pun harus disesuaikan dengan peran wayang yang diperankannya. Setiap tokoh tokoh wayang memiliki patokan tersendiri mengenai gaya bicaranya dan geraknya.

25.  Tari Merak
Tari Merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan  kehidupan  binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

26.  Tari Golek Menak
Tari Golek Menak merupakan salah satu jenis tari klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Penciptaan tari Golek Menak berawal dari ide sultan setelah menyaksikan pertunjukkan Wayang Golek Menak yang dipentaskan oleh seorang dalang dari daerah Kedu pada tahun 1941.

27.  Tari Tepak
Tari tepak atau tari tanggai yang biasa digelarkan untuk menyambut tamu-tamu terhormat. Tarian ini memiliki persamaan dengan tari Gending Sriwijaya. 

28.  Tari Sekapur Sirih
Tari Sekapur Sirih merupakan tarian selamat datang kepada tamu-tamu besar di Provinsi Jambi dan Riau. Keagungan dalam gerak yang lembut dan halus menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu.

29.  Tari Legong
Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati. Tari ini merupakan tarian dari provinsi bali.

30.  Tari Kecak
Tari Kecak, adalah sebuah tari yang berasal dari Provinsi Bali yang di angkat berdasarkan cerita dari Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.

31.  Tari Andun
Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

32.  Tari Bidadari Teminang Anak
Tari Bidadari Teminang Anak adalah tarian khas dari bengkulu, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

33.  Tari Yopong
Tari Yopong, adalah tari dari wilayah DKI Jakarta yang merupakan persembahan untuk menghormati tamu negara.

34.  Tari Selampir Delapan
Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.

35.  Tari Topeng Kuncaran
Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian dari Jawa Barat yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

36.  Tari Blambangan Cakil
Tari Blambangan Cakil adalah tarian dari Jawa Tengah yang mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

37.  Tari Remong
Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

38.  Reog Ponorogo
Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

39.  Tari Radab Rahayu
Tari Radab rahayu adalah tarian dari Provinsi Kalimantan Selatan yang biasadi pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

40.  Tari Tambun dan Bungai
Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai   Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat. Tarian ini merupakan tarian yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.


Demikianlah posingan kali ini yang mengenai tarian Nusantara.... Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di comment & follow my blog.....!!!!!!!!

4 komentar:

  1. ko yang ada gambar nya cuma sedikit ?

    BalasHapus
  2. Gambarnya kurang lengkap, tapi yang penting aku dapat sedikit ilmu tentang tari....
    terima kasih...

    BalasHapus
  3. Izin copas untuk pengetahuan ya..

    BalasHapus
  4. TERIMAKASIH SUDAH BERBAGI ILMU TENTANG TATRIAN NUSANTARA INDONESI

    BalasHapus