!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

Macam-macam Hardware Pada PC ( Personal Computer )

Share on :

Hardware pada computer umumnya terdiri atas CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, dll. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, saya telah memuat beberapa informasi tentang hardware di bawah ini :

·         CPU
CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau Unit Pengolah Pusat. Secara awam, kita sering menyebutnya sebagai prosesor.
Karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer, CPU dapat di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer itu sendiri. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.
Cara kerja CPU menurut wikipedia, hampir sama dengan cara kerja kalkulator. Hanya saja pemrosesan data yang mampu ditangani sebuah CPU lebih kuat dan mungkin lebih kompleks dari yang dapat ditangani oleh sebuah kalkulator umum. Sebuah CPU selain dapat mengolah data aritmatika, juga dapat mengelola data yang bersifat logika. Secara sederhana, selain dapat berhitung, CPU juga bisa membandingkan.
Namun terkadang pengertian CPU menjadi berlainan ketika digunakan dalam bahasa sehari-hari. Seorang ketua organisasi pemuda yang bertanya kepada bawahannya ” Monitor dan keyboardnya sudah ada, tapi kok CPUnya tidak dibawa?” Bisa dipastikan bahwa kata CPU yang digunakan diatas bukanlah merujuk pada CPU sebagai sebuah prosessor, namun CPU sebagai kesatuan Prosesor, MainBoard, RAM, Hardisk yang terinstall dalam sebuah casing seperti gambar diatas dan disamping. Sebenarnya yang dimaksud oleh si ketua pemuda dalam cerita diatas adalah computer tower (merujuk istilah wikipedia). Namun mungkin karena alasan kemudahan, istilah CPU digunakan untuk menghemat kata. Dengan demikian kita melihat setidaknya ada dua makna atau dua pengertian CPU tergantung dari konteks pembicaraan.

·         Monitor
Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.
Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.
Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam.
Monitor juga merupakan suatu piranti keluaran.  Berfungsi untuk menampilkan input-input dari piranti masukan (seperti mouse, keyboard, dll).

·         Keyboard




Keyboard merupakan suatu piranti input/pemasukan. Yang berfungsi untuk memasukan  data-data dalam bentuk teks.









·         Mouse




Mouse juga hampir sama dengan keyboard, yang merupakan suatu piranti input/pemasukan data-data. Tetapi mouse tidak dapat memasukkan data yang berupa teks.



·         Printer








Printer merupakan suatu peranti output/pengeluaran seperti monitor, hanya saja hasil output dari printer berupa gambar.









·         Speaker








Speaker juga sama jenis perantinya dengan printer dan monitor, yaitu peranti output. Hanya saja speaker merupakan peranti output yang hasil dari outputnya berupa suara.










INI yang Lebih Lengkap --> Hardware.docx

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar