!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI WINDOWS, MAC OS, DAN LINUX

Share on :
Sistem operasi merupakan jenis software yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap komputer maupun Laptop. Sejalan dengan berkembangnya zaman, sekarang ini sudah banyak pihak-pihak yang menyediakan juga menjual berbagai macam sistem operasi yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. maka dari itu, artikel dibawah ini akan menjelaskan keunggulan dan kekurangan dari sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.


1.Windows

Keungulan Windows
Windows adalah sistem operasi yang user-friendly. Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukungan hardware yang lengkap, banyaknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform Windows semakin melengkapi nilai tambahnya.

Kekurangan Windows
Windows juga memiliki sisi kurang yang cukup mencolok. Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang rentan akan penyakit. Windows mudah sekali tertular virus. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan adanya vendor-vendor software yang merilis antivirus bagi Windows. Sebut saja Norton dan AVG. Meski demikian, perkembangan virus komputer terus berlanjut layaknya virus-virus di dunia nyata. Mereka semakin banyak dan ganas. Siap kapan saja menginfeksi komputer Windows.

Terlepas dari sisi teknis, harga lisensi Windows juga terbilang sulit dijangkau oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Versi bajakan memang murah, tetapi itu bukanlah pilihan bijak. Dengan membeli versi bajakan, sama saja kita telah mendanai para kriminal tersebut mengembangkan usaha mereka. Dan kita telah menjadi sponsor setia dalam melanggengkan tindak tanduk mereka.



2. Linux


Kelebihan Linux

Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang tahan virus. Virus-virus yang menyerang Windows tidak akan berkutik apabila terdampar di sistem Linux. Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman Hollywood. Beberapa film seperti The Lord Of The Ring, hingga Harry Potter menggunakan bantuan Linux dalam proses produksinya. Linux juga dikembangkan bagi platform yang tidak wajar, seperti pada PlayStation 2, X-Box, iPod, dan Nintendo DS. Linux juga multipengguna (multiuser) dan multitugas (multitasking). Anda dapat memasuki sistem dengan banyak user sekaligus dan menjalankan banyak tugas sekaligus. Linux adalah sistem operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.

Kekurangan Linux
Beberapa kekurangan Linux yang paling dirasa adalah masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux. Orang-orang sepertinya juga alergi terhadap sistem operasi ini karena masih berpikir Linux adalah sistem operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul. Belum lagi, beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. Tentunya, ini menjadi tugas berat bagi para pengembang kernel Linux, agar sistem operasi ini dapat berjalan dengan fleksibel (seperti yang telah terjadi sekarang ini).



3. Mac OS


Kelebihan MacOS

  • Lebih stabil karena menggunakan UNIX
  • multitasking
  • Bisa mengenal file format windows
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia. dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya.   Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
  • Jarang terkena virus
  • Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
  • Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
  • Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.

Kekurangan Mac OS

  • Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal
  • Hanya cocok untuk graphic designer
  • Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
  • Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus