!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

Tahap-tahap Pembongkaran Dan Perakitan PC

Share on :
Komputer adalah salah satu alat elektronik yang membantu pekerjaan manusia atau biasa disebut mesin penghitung elektronik. Dan didalam suatu PC terdapat 4 jenis perangkat yaitu Central Processing Unit, Output Device, Input Device, dan Storage Device. Ke-4 jenis perangkat ini sangatlah penting dalam sebuah PC.

Tetapi apa jadinya bila saat kita membongkar Sebuah PC, tiba-tiba salah satu dari keempat jenis device tersebut ada yang rusak? Dan itu diakibat karena kita melakukan perakitan tanpa prosedur yang benar. Dan kalau sudah rusak, secara otomatis kita di desak untuk membeli yang baru.


Maka dari itu di dalam laporan ini kita akan bersama-sama memahami prosedur pembongkaran dan perakitan PC yang baik dan Benar. Oke, Langsung saja kita lihat Selangkapnya!!!
 
Peralatan yang dibutuhkan:

1) Saru Pasang Obeng (+) dan Obeng (-)

2) Satu unit PC yang Lengkap
 

Tahap-tahap pemnbongkaran komputer diantaranya :


1) Cek PC tersebut, pastikan apakah PC tersebut awalnya dalam keadaan baik atau memang suadah rusak. Pengecekannya dilakukan dengan cara mencoba menyalakn PC tersebut sacara normal.


2) Buka Case CPU dengan cara melepaskan baut yang terpasang apada case CPU agar komponen-komponen yang ada didalam CPU dapat di bongkar.


3) Buka RAM dari slotnya dengan cara tekan secara bersamaan pengunci/penahan RAM yangberada di bagian samping Slot RAM.
image


4) Lepaskan Harddisk beserta baut dan kabel data yang masih menempel pada Motherboard dari CPU Case.
image


5) Lepas DVD/CD ROM beserta baut dan kabel data yang masih terpasang pada Motherboard dari CPU.
image


6) Lepaskan kabel Reset Switch, USB, HDD LED, POWER LED, POWER SWITCH, SUSPEND LED, Dan SPEAKER dari slotnya, pastikan kita mengingat tempat awalnya atau kita memiliki buku panduan manualnya karena bagian ini sangat berarti bagi PC.


7) Lepaskan Power Supply beserta kabel yang masih melekat di MOTHERBOARD dari CPU.
image


8) Lepaskan Motherboard dengan cara melepaskan baut-baut yang menahan motherboard dan pastikan sudah tidak ada kabel yang masih melekat di Motherboard.


9) Lepaskan juga Processor yang terpasang pada Motherboard. Dan jika pasta silicon pendingin yang ada pada processor sudah kering, alangkah baiknya jika pasta siliconnya ditambah agar processor tidak cepat panas.


10) Agar lebih tahan awet, bersihkan komponen dari kotoran yang melekat.
 

Tahap-tahap perakitan komputer diantaranya :


1) Membuka Penutup casing :: dengan cara melepaskan baut di bagian belakang casing. Kemudian menggeser penutup casing, melepaskan dari rangkaiannya


2) Melakukan Pengujian Terhadap Power Supply :: setiap casing mangandung power supply. Menguji power supply dengan menghubungkan catu daya power supply ke saluran listrik(PLN). kemudian menghidupkan computer untuk memulai pengujian. Memperhatikan dan meyakinkan power supply berfungsi dengan baik.


3) Menyiapkan Motherboard :: Menyiapkan motherboard lalu mengamati bagian-bagianya dan membuka pengunci soket prosesor kemudian mengambil prosesor dan memasangkan pada soket prosesor dengan memperhatikan tanda yang ada pada prosesor yang biasanya ditandai dengan lengkukan ,lubang, dan anak panah dan cocokan dengan soket prosesor yang ada pada motherboard dan jika hal ini dilakukan maka prosesor skan terpasang dengan baik dan benar.


4) Pemasangan Heatsink :: Memasang heatsink caranya yaitu sebelum memasang heatsink terlebih dahulu memperhatikan jarak tependek kabel daya untunk kipas dengan konektor daya yang ada pada motherboard agar kabel daya tidak bersinggungan dengan kipas. Lalu meletakkan heatsink diatas prosesor dan disesuaikan dengan dudukan pendingin pada motherboard. Mengunci empat titik pendingin itu dengan cara menekan putar searah jarum jam menggunakan obeng plus(+).


5) Pemasangan memory :: Memasang memory yang dipakai ialah memory ddr 2 caranya yaitu membuka kunci slot memory dan memasang memory dengan mencocokkan kaki –kaki memory yang ada dengan slotnya dan menekan vertikal ke bawah sampai terdengar bunyi klik dan kunci slot memory akan tertutup sendiri. Yang perlu diperhatikan disini ialah bahwa jika memory ini dipasang terbalik maka tidak akan masuk ke slotnya.


6) Pemasangan Motherboard ke Casing :: Memasang motherboard ke casing yaitu sebelum memasang motherboard mencocokkan motherboard dengan dudukan motherboard yang terdapat pada casing. Untuk setiap lubang baut harus disekrup agar motherboard kita tidak goyah. Untuk mengunci motherboard ke casing digunakan obeng bunga dan mengunci setiap lubang baut dengan baut. KEmudian memasang kabel power supply pada konektor kabel catu daya yang terdapat pada motherboard.


7) Pemasangan Hardisk :: Tahap selanjutnya ialah memasang hardisk pertama setelah jumper pada hardisk pada posisi master caranya dengan melihat label yang terdapat pada hardisk set setelah itu memasang hardisk ke casing dengan menguncinya dengan baut.


8) Pemasangan Kabel Data ke Hardisk :: Setelah hardisk terpasang pada casing selanjutnya pemasangan kabel data ke hardisk caranya dengan memperhatikan pada kabel tersebut terdapat satu garis yang berwarna merah yang menandahkan pin 1 sesuaikan dengan tanda yang terdapat pada hardisk yang ditandai dengan tanda 1. setelah itu memasang kabel data pada hardisk dan ujung kabel data lainya dipasangkan pada konektor yang terdapat pada motherboard dan garis merah kabel dihubungkan dengan konektor ide/hdd1 yang terdapat tanda 1.


9) Pemasangan kabel power suppy dengan catu daya yang terdapat pada hard disk.


10) Pemasangan CD Room :: Memasang cd rom caranya seperi memasang hardisk yang perlu diperhatikan disini ialah jika menggunakan satu kabel dengan hardisk setelah jumper pada posisi slave. kemudian memasang kabel data dimana pin kabel yang berwarna merah dihubungkan dengan tanda 1 yang terdapat pada cd rom. Jika menggunakan kabel tersendiri maka setelah jumper pada posisi master dengan pin kabel berwana merah dihubungkan dengan cd rom yang ditandai dengan 1 dan memasangkan ujung kabel lainnya ke konektor ide/hdd2 yang terdapat pada motherboard. Untuk tahap selanjutnya yaitu pasang kabel power supply ke konektor catu daya yang terdapat pada cd-rom .
Setelah selesai melakukan pemasangan konektor kabel , misalnya kabel power, kabel speaker, kabel led power, kabel led hardisk, kabel reset pada konektor di motherboard dengan cara memperhatyikan tulisan yang tertera disana. Kemudian mengunci penutup casing.

1 komentar:

  1. artikel anda bagus gan dan bermanfaat ! ingin beli domain hosting murah ? kunjungi www.jualdomainhostingmurah.com

    BalasHapus