!!! _ Welcome in My Simply Blog - And Don't Forget to Follow this Site _ !!!
Daftar Isi

STAR TREK

Share on :
Star Trek merujuk kepada sebuah film seri televisi di Amerika Serikat dari tahun 60-an atau pada semua seri lanjutan, film-film layar lebar, novel, permainan video dan lain-lain yang dikembangkan darinya. Serial yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai sebuah armada bintang bernama Starfleet sebagai perwakilan kehidupan manusia 200 tahun pada masa depan bersama-sama dengan United Federation of Planets yakni kumpulan spesies dari planet dan tata surya lain. Star Trek diciptakan oleh Gene Roddenberry dan merupakan salah satu franchise hiburan paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang ke Star Trek Conventions (pertemuan para penggemar Star Trek).


Film Seri Televisi

The Original Series
Film seri Star Trek pertama yang lebih dikenal sekarang sebagai Star Trek: The Original Series pertama ditayangkan di Amerika Serikat pada tahun 1966. Menceritakan tentang petualangan pesawat ruang angkasa USS Enterprise (NCC-1701) dengan awak kapten James T. Kirk (dimainkan oleh William Shatner), commander Spock yang berasal dari planet Vulcan (Leonard Nimoy), doktor Leonard McCoy (DeForest Kelley) dan lain-lain. Serial ini pada saat pertama disiarkan kurang terkenal dan setelah tiga tahun akhirnya dibatalkan.
Anehnya, justru setelah dibatalkan ketenaran serial ini melambung. Karena biaya produksi yang mahal, studio televisi NBC kemudian menjual hak siar kepada stasiun-stasiun lokal. Di sinilah Star Trek mengalami kebangkitan kembali dan banyak orang menjadi penggemar setia.


The Animated Series
Setelah itu pada tahun 1973 Star Trek kembali dalam bentuk animasi atau kartun. Masih dengan tokoh-tokoh yang sama dan disuarai oleh aktor aslinya, serial ini dinamai Star Trek: The Animated Series dan hanya bertahan selama dua tahun.





Phase II
Pada tahun 1978 kembali ada rencana untuk menghidupkan kembali seri televisi ini. Kapten Kirk akan kembali diperankan oleh Shatner dalam seri Star Trek: Phase II, tetapi Nimoy menolak untuk kembali sebagai Spock, sehingga dicari seorang pengganti untuk memainkan karakter Vulkan lain, Xon (David Gautreaux). Direncanakan juga tambahan satu karakter lain, Ilia dari planet Delta (Persis Khambatta).
Sebelum rencana ini sempat direalisasi, George Lucas meluncurkan film Star Wars dan meledak sebagai sukses besar di seluruh dunia. Pihak produser Star Trek kemudian membanting kemudi dan mengolah skenario untuk seri televisi menjadi untuk film layar lebar yang diberi nama Star Trek I: The Motion Picture.
Untuk film ini Gautreaux mendapat peran kecil dan Khambatta tetap memainkan Ilia. Semua aktor utama dari film televisi kembali memainkan perannya masing-masing, termasuk Nimoy. Film ini juga meraih sukses di box office dan dilanjutkan dengan film-film berikutnya yang sampai sekarang (2009) sudah ada sebelas (termasuk film pertama). Lihat Film Layar Lebar.


The Next Generation
Selain itu sejak tahun 1987 juga dibuat seri-seri Star Trek lain yang dibintangi oleh awak yang berbeda. Star Trek: The Next Generation menceritakan tentang awak Enterprise (NCC-1701-D) dengan kapten Jean-Luc Picard (Patrick Stewart) dan komandan William Riker (Jonathan Frakes). Waktunya adalah sekitar satu abad setelah seri pertama. Seri ini bertahan selama tujuh tahun.



Deep Space Nine
Star Trek: Deep Space Nine dimulai dari tahun 1993 dan mengisahkan sebuah stasiun ruang angkasa yang dipimpin commander (dan kemudian kapten) Benjamin Sisko (Brooks Avery). Stasiun ini terletak di dekat planet Bajor dan sebuah lubang cacing yang menuju ke kuadran gamma (yaitu perempat bagian lain dari galaksi bima sakti - digambarkan bahwa bumi terletak di kuadran alpha). Sebagai hasilnya, banyak spesies alien yang mampir dan terjadi konflik di antara mereka. Seperti pendahulunya, seri ini juga ditutup setelah tujuh tahun.


Voyager
Star Trek: Voyager, sesuai namanya, menggambarkan perjalanan pesawat ruang angkasa USS Voyager (NCC-74656) dengan kapten Kathryn Janeway (Kate Mulgrew) yang terlempar ke kuadran delta (yaitu perempat bagian lain dari galaksi bima sakti) oleh suatu kekuatan alien dan mencari jalan kembali ke bumi. Seri ini dimulai tahun 1995 dan ditutup tujuh tahun kemudian. Seri ke-5 dari franchise Star Trek ini tetap meneruskan semangat penjelajahan dan penemuan nilai-nilai baru yang dimulai sejak ST:TOS. Salah satu nilai dan tatanan masyarakat lama yang didobrak adalah diangkatnya seorang perempuan menjadi kapten kapal, suatu hal yang sama tabu-nya dengan adegan ciuman-antar ras yang dilakukan antara Kapten Kirk (seorang lelaki kulit putih) dengan Letnan Uhura (seorang perempuan kulit hitam) pada tahun 1960-an di dalam salah satu episode ST:TOS.


Enterprise
Seri yang terakhir diproduksi adalah Star Trek: Enterprise (pada mulanya disebut sebagai Enterprise saja), yang mengisahkan petualangan pesawat Enterprise NX-01 di bawah pimpinan kapten Jonathan Archer (Scott Bakula). Seri ini adalah prekuel seri pertama, dengan latar belakang waktu sekitar satu abad sebelumnya.
Mulai ditayangkan tahun 2001 dan terakhir ditayangkan pada tahun 2005. Pada awalnya serial ini memiliki rating yang tinggi sampai akhirnya terus menurun hingga season ke-3 hingga akhirnya Paramount Pictures menghentikan serial ini dalam 4 season dengan jumlah keseluruhan 98 episode.


Sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar